Thursday, September 6, 2012

TIPS MENGURANGI STRESS


Anda yang mempunyai segudang aktivitas, waktu istirahat pun menjadi berkurang. Padahal, tekanan pekerjaan,Permasalahan pribadi, dan kurangnya waktu istirahat ini bisa menjadi salah satu penyebab stres. Coba ikuti tips yang saya berikan berikut ini:

  • Curhat
    Daripada disimpan sendiri dan terus menjadi beban, coba ceritakan masalah yang Anda hadapi pada orang yang Anda percaya. Curhat pun bisa Anda lakukan dengan menulis diary. Dengan mencurahkan kesulitan yang Anda hadapi, hal ini tentu dapat meringankan beban Anda dan membuat Anda lega.
     
  • Terapkan Hobby                                                                                                                         Setiap individu pasti punya kesenangan/Hobby,hal semacam ini bisa dijadikan obat penangkal Stress.
  • Dengarkan Lagu Favorit                                                                                                            Saat Anda mulai merasa jenuh, coba dengarkan lagu-lagu favorit Anda. Hal ini dipercaya mampu meningkatkan mood baik dan membuat pikiran lebih relaks.
  • Tertawa                                                                                                                                         Tertawa baik untuk kesehatan. Tonton film atau video lucu, bercanda dengan teman, atau baca cerita lucu yang bisa membuat kita tertawa. Tertawa dapat merangsang tubuh untuk memproduksi hormon yang mampu membuat otak menurunkan tegangan atau stres. 
  • Makan-makanan Sehat                                                                                                           Makanlah makanan yang mengandung kadar lemak rendah dan karbohidrat tinggi seperti donat, popcorn, kue-kue kering serta kue dari bahan beras. Makanan-makanan tersebut mampu merangsang zat-zat kimia dari otak yang mampu menyejukkan saat stres. 
  • Perbanyak Air Putih, Sayur, dan Buah                                                                                  Perbanyak konsumsi air putih, sayur, dan buah untuk membantu mengatur suhu tubuh dan menyejukkan badan, terutama di saat kondisi emosional sedang panas. 
  • Luangkan Waktu untuk Berolahraga                                                                               Luangkan waktu Anda untuk sekedar berolahraga ringan selama 10-15 menit untuk menjaga kelenturan tubuh. Olahraga mampu melancarkan aliran darah ke otak, meningkatkan gelombang alfa di otak yang erat hubungannya dengan ketenangan dan relaksasi, menurunkan tekanan darah, serta mengurangi ketegangan pada otot. 
  • Bersosialisasi dan Bersenang-senang                                                                               Luangkan waktu untuk berkumpul bersama teman-teman atau keluarga untuk sekedar ngobrol atau berkumpul. Kedekatan dengan orang-orang yang kita sayangi bisa mengurangi rasa jenuh dan membuat kita merasa bahagia. Jika tak punya cukup waktu untuk berkumpul, Anda juga bisa melakukan me time dengan cara melakukan hobi atau apa yang Anda senangi. 
  • Lakukan Meditasi                                                                                                               Meditasi dapat menurunkan tekanan darah dan secara signifikan mampu menurunkan tegangan atau stres Anda.YOGA adalah salah satunya. 
  • Istirahat yang Cukup                                                                                                             Jangan menunggu istirahat ketika badan sudah sangat lelah. Lakukan istirahat yang cukup setiap hari karena tubuh yang kurang istirahat akan rentan terhadap stres. Bila perlu, di sela-sela bekerja, luangkan waktu sejenak untuk coffee break, terutama pada sore hari di saat pikiran mulai penat.
  • Menaruh Tanaman di Meja /Aquarium                                                                           Letakkan tanaman kecil dalam pot di meja kerja Anda untuk mengurangi stres. Orang yang dekat tanaman maupun Aquarium bereaksi 12% lebih cepat dan tidak mudah stres saat bekerja.
Kira kira itu beberapa Tips yang sebagian saya dapat dari  Sumber: www.gardaakses.com . Semoga sedikit banyak dapat membantu mengurangi Stress yang anda alami.

No comments:

Post a Comment