Wednesday, September 5, 2012

TIPS CARA MENDIDIK ANAK YANG BAIK

    Perkembangan anak di jaman modern seperti sekarang ini adalah hal mutlak yang penting dimana banyaknya perkembangan teknologi yang justru banyak memberikan efek yang negatif buat perkembangannya,Keluarga,lingkungan,Teman dan bahkan Media informasi adalah sebagian besar yang dapat memberikan pengaruh terhadap perkembangan anak anak kita.Kewaspadaan kita sebagai orang tua wajib diperlukan dan ditingkatkan agar arah perkembangan anak sesuai yang di harapkan.
Berikut cara cara yang mudah dan dapat kita terapkan langsung kepada anak anak kita.......simak ya!.

  • Memberikan segala Perhatian dalam berbagai hal memang penting buat anak, namun jangan berlebihan karena berlebihan inilah yang akan direkam anak anda.Beri sesuai kapasitasnya saja.Contoh: Kita selalu memberikan kemauan anak dalam hal Mainan,apabila kemauan ini selalu diturutkan anak hanya akan tau bahwa ia mau sesuatu,lalu minta,dan tersedia.Efek dari hal ini,anak tidak tahu akan pentingnya usaha dalam menggapai sesuatu.Ini perlu dilatih sedini mungkin,tidak didapat dengan instan. 
  • Usahakan anda tahu apa hal baru yang diketahui anak dari luar lingkungan rumah.semakin cepat anda tahu,semakin cepat anda menilai hal itu baik buat perkembangannya atau tidak.Karena kalau tidak,anda bisa mengarahkan langsung ke arah yang benar tanpa membuang pengalaman baru yang didapat anak anda dari luar.Karena perkembangan sifat anak bnyak dipengaruhi hal dari luar itu sendiri.sekali lagi,tidak mengubah yang didapat anak dari luar,namun mengarahkan ke jalur yang lebih baik lagi sesuai kemauan kita.
  • Berikanlah contoh baik yang ingin anda terapkan keanak dengan praktek langsung.Contoh:Anda ingin anak anda dermawan,maka terapkanlah dengan cara anda beramal yang disaksikan langsung oleh anak anda.Anak biasanya langsung merespon hal yang dilakukan orang terdekatnya.
  • Jangan biasakan anda mengeluarkan kata "jangan seperti itu!"atau"Ayah/Ibu tidak suka kamu..."karena kalau anda salah memberikan alasannya maka anak cenderung ingin melakukan yang dilarang anda.Biasakanlah menggunakan"Ayah/Ibu lebih suka jika kamu...."dalam melarang anak.Karena kalimat ini biasanya dianggap anak sebagai sesuatu yang jika diikuti maka dirinya mendapat kredit Plus dari kita sebagai orang tua,tanpa anak berpikir apa yang dilakukannya salah/dilarang yang justru membuat anak penasaran.
  • Jangan pernah jadikan anda atau keluarga anda sebagai tempat perlindungan ketika dia anda marahi, hilangkan perlindungan jika anak anda salah, namun ingat anda tetap harus menyayanginya dengan cara memberikan contoh yang benar itu seperti apa.
    Demikianlah beberapa hal yang dapat kita praktekan sebagai Orang tua terhadap anak.Semoga bisa menjadikan mereka anak yang seperti kita harapkan.Tanpa mengurangi rasa Hormat saya sebagai penulis ini.Mohon kiranya dimaafkan apabila ada penggunaan kata atau kalimat yang salah.

1 comment:

  1. salam kenal,,
    mendidik anak sangatlah penting, tetapi banyak juga orangtua yang sibuk bekerja dengan alasan bekerja untuk kepentingan anak. sehingga mereka lupa dengan tugas mereka yang sebenarnya,

    ReplyDelete