Sunday, February 1, 2015

TIPS MENGHADAPI MUSUH DENGAN CARA BAIK

Musuh…adalah seseorang yang kita benci atau membenci kita,tujuan tips ini bukan untuk membuat jera atau untuk membalas dendam.Tetapi untuk mengubah menjadi hubungan yang lebih baik.berikut beberapa cara menghadapinya dari saya sebagai penulis:

1. Cara yang paling utama adalah bercermin terhadap diri sendiri,karena anggapan musuh itu mungkin ada karena justru kita sendiri yang mempunyai sifat kurang baik terhadap sesama.Kenapa ini menjadi cara utama? Karena tujuan dari Blog ini adalah membuat kita menjadi lebih baik dari sebelumnya,dan itu dimulai dari diri kita masing masing.

2. Apabila kita yakin bahwa kita sudah baik atau bukan di pihak yang merugikan.Jangan pernah membalas dengan cara yang sama seperti dia.Tapi cari apa sebabnya kenapa bisa sampai membenci kita.ada kemungkinan penyebabnya adalah kelebihan kita yang tidak dia punya hingga membuat dia iri.kalau benar seperti itu maka kita harus sedikit mengurangi kelebihan kita itu.Bukan untuk mengalah atau takut.tetapi untuk menjaga hubungan tetap baik .

3. Beri dia bentuk penghargaan dengan mendatanginya untuk berbicara empat mata secara baik baik untuk menyelesaikan masalah,apabila anda khawatir takut terjadi hal hal yang tidak diinginkan.Anda bisa terlebih dahulu meminta didampingi oleh seseorang.Dalam hal ini upayakan  pendamping adalah pribadi yang dihormatinya.Upayakan juga komunikasi dengan baik,kesampingkan emosi anda bila dia justru makin tidak menghargai anda.Cari poin masalah dan penyelesaian yang menguntungkan kedua pihak.

4. Dalam situasi tertentu terkadang situasi adalah peluang buat kita.Disini saya beri contoh kecil.Apabila dia tertimpa musibah,apapun bentuknya,sangat baik buat dia apabila kita tunjukan kepedulian kita untuk membantu meringankan bebannya.Mungkin dengan kepedulian membuat hatinya dapat tersentuh untuk sadar.

5. Apabila kita sudah berusaha dengan cara apapun tidak juga membuat dia sadar dan berubah.Mungkin membiarkannya adalah cara terakhir.Selama tindakannya tidak mengakibatkan kerugian fisik dan materil.juga mendoakannya agar dia diberikan jalan oleh Tuhan.Ingat, semua cara baik yang sudah kita lakukan bukan membuat kita lemah,namun justru membuat kita menjadi pribadi yang kuat dimata sesama dan yang terpenting berakhlak di mata Tuhan  
  
Demikian sedikit Tips dari saya,semoga bisa dijadikan bahan pemikiran pembaca agar tidak salah bertindak.Perlu diketahui saya belum tentu bisa mengendalikan emosi saat berhadapan dengan musuh,tapi yang pasti cara cara tersebut sudah banyak ditunjukan oleh para pendahulu kita.Mari kita bersama membuktikan bahwa kualitas hidup kita selaras dengan ajaran Tuhan.

No comments:

Post a Comment